Jl. Pahlawan Revolusi (Depan BCA Pondok Bambu) Jakarta Timur Telp. 9828 9309, 0816 1436 371

Nasi Bakar



Nasi bakar disebut juga nasi buri dalam bahasa Sunda. Nasi bakar merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau dirempah-rempah, kemudian  dibungkus daun pisang dan dibakar diatas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api. 

Nasi bakar begitu dibuka dari bungkusnya mempunyai aroma khas yang membuat orang lapar menelan ludah. Kalau disuapkan ke mulut dan dikunyah perlahan-lahan, rasanya lebih  gurih, lebih wangi dan lebih enak daripada nasi biasa. Kalau tidak percaya, silahkan mencoba sendiri !!!

Nasi bakar mulai terdengar sejak tahun 2000. Beberapa orang baru kali ini membaca atau mendengarnya. Kapan pertama kali produk ini diluncurnya, itu tidak tercatat dalam sejarah kuliner Indonesia. Yang jelas nasi itu identik dengan makanan pokok khas Indonesia (can't live without it). Sekarang nasi bakar mulai banyak ditemui di kota Bandung dan Jakarta. Ini menjadi makanan khas yang 'Indonesia banget'. Jadi bolehlah dengan bangga, kita perkenalkan kepada yang belum mencoba atau orang asing.

Bahan yang diperlukan :

1.   Nasi +/- 500 gram
2.   Daun pisang, secukupnya
3.   Lidi, secukupnya
4.   Santan 200 cc
5.   Teri medan 100 gr, goreng
6.   Ayam fillet, potong dadu.
7.   Air secukupnya
8.   Bawang merah 7 siung iris halus
10.  Garam secukupnya
11.  Gula secukupnya
12.  Daun salam 3 lembar.

13.  Sereh 3 batang m memarkan
14.  Kaldu ayam 1 sachet
15.  Bawang putih 3 siung , iris halus
16.  Cabai merah 3 bh,iris halus
17.  Cabai rawit merah 5 bh, iris halus
18.  Cabai hijau 3 bh, iris halus
19.  Merica 1/4 sdt
20.  Minyak 2 sdm
21.  Daun bawang iris halus


Cara Membuat Nasi Bakar  :
  1. Tumis bawang  merah hingga harum, masukkan santan, salam dan sereh, garam, kaldu ayam.  Masukkan nasi, aduk rata, sisihkan dan dikukus sekitar 20 menit. 
  2. Tumis bawang putih, cabe merah, cabe rawit, cabe hijau hingga harum. Masukkan potongan daging ayam, garam, kaldu blok, gula pasir dan sedikit air. Biarkan hingga daging ayam matang. Masukkan teri medan dan daun bawang. Sisihkan. 
  3. Siapkan daun pisang dan ambil adonan nasi tadi. Buatlah seperti anda membuat lontong, rekatkan dengan lidi dan bakar nasi tersebut hingga aroma menjadi semakin sedap. 
  4. Nasi bakar siap dihidangkan.
  5. Hidangkan dengan sambal terasi, lalapan, tahu dan tempe goreng
    Selamat menikmati !